Rabu, 23 Januari 2019

Resmi, "Forward Message" WhatsApp Hanya Bisa 5 Kali


Mulai Selasa (22/1/2019) ini, pesan Whatsapp di Indonesia hanya bisa diteruskan atau di-forward lima kali. Jumlah pesan terusan lima kali itu dihitung sesuai kontak.

Fitur forward WhatsApp amat memudahkan pengguna untuk meneruskan pesan atau informasi ke pihak lain di daftar kontaknya, ketimbang harus melakukan copy paste secara manual. Di sisi lain kabar yang tak terkonfirmasi, atau malah hoax, jadi ikut gampang tersebar pula.

Menelusuri kebijakan tersebut, pembatasan pesan forward WhatsApp ini pada awalnya tidak lepas dari kejadian tragis yang mengguncang India pada pertengahan tahun lalu. Saat itu beredar informasi palsu via WhatsApp tentang maraknya penculikan anak.

Akibat kabar tersebut, dalam jangka waktu 2 bulan puluhan orang dihakimi massa karena dituding penculik dalam pesan di WhatsApp. Sebagian sampai meninggal dunia.

Pembatasan jumlah forward pesan pada aplikasi Whatsapp itu baru berlaku untuk pengguna OS Android. Sementara untuk pengguna IOS, sedang dalam proses pengembangan.

Menkominfo Rudiantara, Senin (21/1/2019) sore, bertemu dengan Vice President Public Policy and Communications WhatsApp, Victoria Grand di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta.

Victoria mengungkapkan bahwa Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang terkena kebijakan pembatasan ini.

Disqus Comments