Sabtu, 02 Juni 2018

Tak Diminati, Facebook Hapus Fitur Trending Topic


Dalam waktu dekat Facebook akan menghapus fitur Trending mereka. Alasannya karena tidak ada yang menggunakan fitur tersebut alhasil membuat fitur Trending ini hanya sebagai pajangan saja di Facebook.

Dijelaskan oleh Alex Hardiman, Head of News Product Facebook, kehadiran fitur trending topics sudah tidak diperlukan oleh pengguna Facebook. Melalui laporan tersebut, Facebook menguraikan bagaimana konten-konten itu dilihat oleh para pengguna serta berapa banyak yang telah berhasil dihapus.

"Dari riset yang kami lakukan, fitur ini menjadi kurang berguna sekarang. Fitur ini hanya menyumbang 1.5 persen klik ke sumber berita," katanya di blog resmi Facebook. Fitur trending topics ini biasanya digunakan untuk menunjukkan topik yang sedang populer di Facebook. Diperkenalkan pada 2014, fitur ini hanya tersedia di lima negara.

Fitur Trending Topics menyumbang kurang dari 1,5% klik rata-rata ke penerbit berita, kata Facebook dalam posting blog. Mereka menambahkan perusahaan sedang menguji cara untuk menampilkan berita termasuk label 'breaking news' dan 'today in', bagian khusus untuk berita lokal.

Belum diketahui apakah ada pengganti fitur Trending di masa depan atau tidak. Sejauh ini, Facebook masih melakukan uji coba untuk fitur baru bernama Today In dan New Video, dimana pengguna dapat menonton berita langsung.
Disqus Comments